Latest Updates

Membuat Project Android Baru Menggunakan Eclipse

Halo gan jumpa lagi dengan kami Belajar Ilmu Komputer, kali ini saya akan membagikan cara membuat project android baru menggunakan eclipse untuk membuat aplikasi Android. okeh gan langsung saja pertama agan - agan haru siapkan dulu segala keperluannya gan, yaitu :
3. PC / Laptop

oke jika alat sudah semua tersiapkan maka sudah saatnya kita memulai semuanya, buka eclipse yang sudah anda download pilih dan buka file dengan nama eclipse berekstensi *.exe
maka jika sudah terbuka kita lanjut pilih file > new > Android Application Project

Setelah agan mengklik nya maka agan akan mendapati sebuah jendela baru yang isinya agan disuruh untuk mengisi bebapa informasi untuk aplikasi agan, lihat pada gambar di bawah ini
pada gambar tersebut user diminta untuk memasukan nama aplikasi, nama project dan lainnya, keterangan :
Application Name : Nama aplikasi yang kita gunakan untuk aplikasi yang dibuat.
Project Name        : Nama project kita.
Package Name      : Untuk nama pakcage kita dan sebagai nama yang muncul di app manger setelah    dinstal nanti.
Minimum Re.. SDK : Untuk menentukan minimal versi android yang bisa untuk aplikasi yang akan dibuat.
Target SDK  : Penetuan target versi android untuk aplikasi yang akan dibuat.
Compile SDK : Penentuan versi android pada eclipse untuk project yang akan dibuat.
Theme : Themes disini untuk mengatur tema yang akan digunakan untuk aplikasi kita.

Nah setelah agan mengisi semua dengan isian agan maka klik next next dan agan mendapati jendela baru seperti dibawah ini. Pada jendela tersebut user diminta untuk menentukan icon yang akan digunakan pada aplikasinya.

Untuk mengganti dengan icon yang kita inginkan agan bisa mengambil dari penyimpanan dengan cara klik Browse, atau menggunakan icon yang secara default ada pada eclipse ini pada tab clipart agan juga bisa menggunakan text pada text jika agan inginkan iconnya berbentuk text. Jika sudah agan klik next saja dan aga akan mendapati jendela baru untuk penentuan class dan activity utama seperti dibawah ini.

agan juga bisa merename filenya dan bisa menerapkan navigation dengan cara memilih pada navigation type, jika tidak ingin menerapkan klik finish saja dan agan akan mendapati tampilan eclipse dengan activty agan langsung terbuka untuk melakukan pengeditan, perhatikan gambar dibawah ini.


pada activity (form) agan bisa menambahkan widget dengan cara mendrag dari form widget dan bisa langsung menambahkan dari kode xml pada bagian ativity_main.xml pada bar bawah.

Sekiranya segitu dulu gan untuk pembahasan cara membuat project android baru dan saya juga mengucapkan terimakasih karena agan sudah mau mampir di Belajar Ilmu Komputer, sampai jumpa lagi di next postingan kami yah gan, daaaahhhhhh.

0 Response to "Membuat Project Android Baru Menggunakan Eclipse "

Catat Ulasan

good