Latest Updates

Semua Tentang Method Pemrograman

Kali ini Belajar Ilmu Komputer akan mengulas tentang method di dalam pemrograman java. okeh gan simak yah baik - baik Method adalah sub program yang dapat melaksanakan pekerjaan tertentu. Method membuat program lebig manageble (Udah diatur), dengan method, program yang kompleks (besar) dibagi menjadi subprogram - subprogram yang berada di dalam class, calss - class tersebut di kemas dalam satu package dalam sebuah class boleh berisi lebih dari satu method. Didalam java ada satu method yang harus ada yaitu method main().

Deklarasi Method
        Aturan penamaan method sama dengan penamaan variabel yaitu penggunaan karakter pertama yang mengahruskan menggunakan huruf kecil.
Syntak umum : 
             modifier tipe return value nama_method(parameter){
                        deklarasi variabel dan pernyataan
            }
Contoh :
              public int tambahAngka(int a, int b){
                            return a+b;
              }

Deklarasi Class
      Method yang dibuat di dalam class. Untuk pengertian class disini  adalah program yang akan dieksekusi.
Synak umum :
          modifier class NamaClass{
        /* isi kelas, yaitu variable kelas (field) dan method;
        */
         }
Contoh :
      public class KelasMethod{
              public int tambahAngka(int a, int b){
                     return a+b;
              } 
      }

Instance Class
       Setelah membuat class kita dapat menciptakan objek yang mengacu ke class tersebut. Untuk Syntak umumnya sebagai berikut :
     NamaClass namaObject = new NamaClass(parameter);
 Contoh :
    KelasMethod olah = new KelasMethod(); 


Untuk tambahan saja ruang lingkup parameter dari sebuah deklarasi parameter adalah pada badan dari method dimana dia muncul. untuk titik deklarasi sampai akhir dari blok disebut deklarasi variabel lokal. Ruang lingkup dari sebuah method atau field dari sebuah class adalah keseluruhan badan dari class tersebut.
Package (paket) dalam java adalah kumpulan dari kelas - kelas yang mempunyai fungsi sejenis. Java memiliki paket yang siap pakai seperti java.util. Kita juga dapat membuat paket sendiri dengan cara pertama kita buat folder, nama folder ini nantinya menjadi nama paket. nah untuk membuat class kita kita membuat file baru bisa menggunakan aplikasi notepad dan disave menggunakan type file .java.

oke gan sekian dulu ulasan yang bisa Belajar Ilmu Komputer samapaikan sampai jumpa di postingan selanjutnya yah, dan terimakasih atas kunjungan agan ke Belajar Ilmu Komputer daaaaaahhhhh.

0 Response to "Semua Tentang Method Pemrograman"

Catat Ulasan

good