Latest Updates

Perbedaan Get dengan Post PHP

Hai gan,, jumpa lagi dengan Belajar Ilmu Komputer, pada kesempataan kali ini admin ingin berbagi dengan agan bagi yang masih bingung apa itu Get Post pada pemrograman PHP. Untuk agan yang sudah terbiasa membuat form dalam pembuatan website pasti sudah sering melihat kode yang ada dalam sebuah form, termasuk atribut form yang digunakan. Salah satu atribut yang digunakan dalam form adalah method. Atribut method bisa diberi Value dengan POST atau GET. Sebenarnya apa perbedaan keduanya dan apa kekurangan serta kelebihanya??

Secara mendasar fungsi POST yaitu digunakan untuk mengirimkan data ke server, sedangkan GET digunakan untuk mengambil data dari server.

Secara teknis GET diproses lebih sederhana karena permintaan dikirimkan melalui alamat halaman (URL) dengan sistem penulisan secara berpasangan yaitu nama varibel dan nilainya, dan pemisahan variabel menggunakan karakter dan "&" (tanpa tanda kutip). Contoh :

http://www.tes.com/index.php?id=1&nama=ahmad
Dengan menggunakan metode GET, HTTP Client bisa mengambil informasi dari server dengan mengirimkan data melalui URI.

Sedangkan pengiriman data dengan POST lebih tertutup dan jauh lebih aman karena data yang dikirimkan tidak terlihat. Metode POST digunakan untuk mengirimkan data dari HTTP Client untuk diproses di HTTP Server, kemudian HTTP server memberikan hasil dari proses tersebut ke HTTP Client. Data yang dikirimkan dengan metode POST disertakan pada baris permintaan (body of request) bukan pada URI. Dan hasil dari permintaan dengan metode POST ini tidak bersifat cacheable.
 
Nama :


Untuk model form method post, pada bagian tag form atribut method diberi nilai post sehingga semua nilai dikirimkan tersembunyi menuju nilai yang di set pada action yaitu file simpan.php.

Sedangkan file simpan.php sendiri harus mengambil nilai dari form yang dibuat dengan cara :
 

 
Nama :
Sedikit berbeda dengan method post, form akan mengirim nilai isian dengan cara terbuka dalam url yang ditempelkan pada file simpan.php, sehingga tujuan form yang semula hanya simpan.php berubah menjadi :

simpan.php?nama=ahmad&button=Kirim
dimana simpan.php adalah nama tujuan, dan setelah tanda ? disertakan nilai yang dikirimkan seperti nama=ahmad

File save bisa mengenali nilai yang dikirim oleh form dengan cara :
 

Selain dengan menggunakan form dengan atribut get, kita juga bisa mengirimkan nilai seperti diatas menggunakan metode parameter hyperlink yang dibuat seperti :

<a href="save.php?nama=ahmad">Kirim</a>
Sehingga pada saat menu kirim di klik maka halaman akan menuju save.php dan mengirimkan nilai nama=ahmad. Metode hyperlink ini sering digunakan pada contoh kasus edit data mupun delete data yang membawa nilai kunci ke file yang akan memperoses data selanjutnya.

Saran saja, untuk keperluan yang sifatnya rahasia, memerlukan tingkat keamanan lebih sebaiknya menggunakan method POST sedangkan keperluan umum seperti pengiriman parameter nilai, proses pencarian dll kita bisa gunakan method GET.

oke gan bagamaina, pahamkan, ya semoga agan-agan bisa memahaminya dan sekarang agan-agan sudah bisa membedakan apa itu GET dan POST. oke gan sekian dulu yah semoga apa yang telah admin bagikan bermanfaat dan dapat membantu mengurangi rasa kebingungan agan :-) . cukup sampai disini dulu, terimakasih yah udah mau mampir dan sampai jumpa di postingan selanjutnya, daaaahhhhh.


tag : Pemrograman PHP POST GET 

0 Response to "Perbedaan Get dengan Post PHP"

Catat Ulasan

good