Latest Updates

Insert Multiple Checkbox PHP Mysql

Haii... para pembaca yang budiman. Bagaimana kabar anda baik kan? hehe.. pada sesi kali ini Belajar Ilmu Komputer akan berbagi pengetahuan yaitu tentang cara memasukan data atau record masukan dari checkbox pada pemrograman web menggunakan bahasa php dan server database mysql atau yang lainnya sesuaikan saja :)). okeh langsung saja saya contohkan, pertama agan buat dulu form biasa untuk inputan checkbox seperti contoh di bawah ini.


 
Keterangan syntak diatas :
1. name="chk[]" : adlah nama dari elemen checkbox itu sendiri yang nanti akan dijadikan untuk name saat penyimpan ke database dan maksud dari "[]" adalah agar value nya tersimpan di array.
2. action="" : sengaja dikosongkan karena query yang akan digunakan akan di taruh pada satu file yang sama. Dan berikut syntak proses nya:


<?php

mysql_connect("localhost","root","");
mysql_select_db("etourismdb");
if (isset($_POST['tambah'])) { 
$fasilitas = $_POST['chk']; 
$fasilitas1= implode(',', $fasilitas); 
$query = mysql_query("insert into fasilitastb(`fasilitas`) VALUES ('$fasilitas1')"); 
if ($query) {
 echo "Tambah Berhasil"; 
 } else { 
 echo"Gagal Menyimpan!"; 
 } 
 }

?>
Keterangan Syntak proses di atas:
1.mysql_connect("localhost","root","");  koneksi ke server lokal server dengan nama server localhost, username : root dan password kosong "tidak diketik".
mysql_select_db("etourismdb"); koneksi untuk ke database dengan nama etourismdb
2. if (isset($_POST['tambah'])) : ketika button dengan name tambah diklik maka akan memproses syntak di dalamnya.

3. $fasilitas = $_POST['chk']; : pembuatan variabel dari data yang dikirim oleh checkbox dengan nama chk.

4. $fasilitas1= implode(',', $fasilitas); : menggunakan fungsi implode karena hanya akan di disimpan dalam satu field pada tabel, dan dipisahkan dengan "koma", agan-agan juga bisa ganti deng "strip (-)". untuk penjelasan implode silahkan agan kunjungi Fungsi Implode dan Explode.

5. $query = mysql_query("insert into fasilitastb(`fasilitas`) VALUES ('$fasilitas1')"); : perintah dasar untuk memasukan (insert) data ke tabel pada database pada tabel fasilitastb dan field fasilitas.

6. if ($query) { echo "Tambah Berhasil"; } else { echo"Gagal Menyimpan!"; } maksudnya jika query berhasil di eksekusi maka akan muncul "Tambah Berhasil dan jika gagal dieksekusi akan muncul "Gagal Menyimpan".

Bagaimana gan, mudahkan cara memasukan data dari checkbox multiple ke dalam database, dan untuk proses update checkbox multiple from database mysql php silahkan buka saja gan :)) Terimakasih kunjungan agan dan kalo agan ada pertanyaan silahkan agan tanyakan saja pada kolom komentar atau agan gabung saja di grup Belajar Ilmu Komputer di BBM Pin : 57097AF0

2 Responses to "Insert Multiple Checkbox PHP Mysql"

good