Latest Updates

Format text dan Urutan dalam pembuatan Website

Hallo sahabatku yang masih setia dengan kewajibannya untuk mencari ilmu untuk mengarungi hidup ini heheh :-D. Baik sahabat kali ini saya akan sampaikan sedikit tentang dasar - dasar penulisan syntak HTML dalam pembuatan dokumen website. okeh gan langsung saja mari kita masuk lebih dalam ke pertemuaan kali ini. marii!!! :D

HTML Format Text

  1. Element BR (Line break), Element ini berfungsi untuk ganti garis. Dan elemen ini tidak mempunyai tag penutup.
  2. Element P (Paragraph), berfungsi untuk ganti paragraf yang diikuti dengan garis kosong diawal dan akhir paragraf. element P mempunyai atribut yaitu align yang bernilai "Left","Right", dan "Center".
  3. Element H1,H2,H3,H4,H5,H6 (Header), element ini berfungisi untuk membaut header dengan format 6 jenis ukura huruf dan dicetak dengan tebal. ELemen ini mempunyai atribut yaitu align yang bernilai "Left","right", dan "center".
  4. Element B (Bold), elemen ini berfungsi untuk membuat tampiilan teks tercetak tebal (bold).
  5. Element I (italic), elemen ini berfungsi untuk membuat tampilan teks tercetak miring.
  6. Element U (Underline),  elemen ini berfungsi untuk menambahkan garis bawah pada teks yang kita atur.
  7. Element Pre (Preformated text), element pre ini digunakan untuk menampilkan teks seperti apa adanya.
  8. Element Center, berfungsi untuk menampilkan teks dengan posisi Horizontal ditengah. 
  9. Element Basefont, berfungsi untuk merubah dasar ukuran huruf tampilan dari web browser. Elemen ini tidak mempunyai tag penutup. Sintaks <basefont size="pixel">
  10. ELement HR (Horizontal RUle), berfungsi untuk membuat suatu garis horizontal. Element ini tidak mempunyai tag penutup dan mempunyai attributte align untuk menempatkan posisi secara horizaontal ("Left","center","right").

 HTML Daftar Urutan

  •  Element OL (Order List), element ini berfungsi untuk membuat daftar nomor urut. Element ini juga mempunyai attributte yaitu start,  dan type. Atrribute Start berfungsi untuk memberikan nilai awal dari daftar urutan, attributte Type berfungsi untuk memilih bentuk daftar urutan yaitu A  untuk abjad huruf besa, a untuk abjad huruf kecil,I untuk abjad romawi besar, i untuk abjad decimal (default start="1" type="1"), dalam element OL harus terdapat beberapa elemen LI.
        Syntak Umum  : 
                                   <ol start="number" type="A"/"a"/"i"/"I">
                                    .......................................
                                   </ol>

  • Element UL (Unordered List), berfungsi untuk membuat daftar tanpa nomor urut (dalam format bullet). ELement ini mempunyai attributte yaitu  Type yang berfungsi untuk memilih bentuk type bullet yang akan digunakan. Nilai dari pada attirubtte type ini adalah "circle","squere" dan "disc". Dalam element UL harus terdapat beberapa element LI.
           Syntak Umum  : 
                                   <UL type="circle"/"square"/"disc">
                                    .......................................
                                   </ul>

  • Element LI (List Item), merupakan isi dari daftar. Element ini harus berada di dalam elemnt OL  atau  UL. Element ini mempunyai attributte  type  dan value. Nilai attributte type adalah A,a,I,i,1,circle,square,disc  dan attriubutte  value  berisikan nilai nomor urutan dari attributte type.
          Syntak Umum  : 
                                   <li start="number" type="A"/"a"/"i"/"I"/"circle"/"square"/"disc">
                                    .......................................
                                   </li>


okeehh gan gimana, apakah sudah mudeng, paham atau malah tambah blank yaa saya do'akan sih semoga pembaca mudeng, paham dan jadi tahu apa yang barusan anda baca amiinn, sehingga ilmu yang saya bagikan bermanfaat untuk kita semua,,.
 okeh gan cukup sampai disini dulu yah perjumpaan kali ini dan jangan comeback yahh untuk ilmu - ilmu yang saya akan sampaikan lagi :D

0 Response to "Format text dan Urutan dalam pembuatan Website"

Catat Ulasan

good