Latest Updates

Framework Web

Framework Web


Hallo kawan jumpa kembali dengan saya Belajar Ilmu Komputer. Pada kesempatan kali inin saya akan akan membagi pengetahuan yang saya miliki tentang Famework Web , Framework sendiri dapat diartikan sebagai koleksi atau kumpulan potongan-potongan program yang disusun atau diorganisasikan sedemikian rupa, sehingga  dapat digunakan untuk membantu membuat aplikasi utuh tanpa harus membuat semua kodenya dari awal.
Secara sederhana bisa dijelaskan bahwa framework adalah kumpulan fungsi (libraries), maka seorang programmer tidak perlu lagi membuat fungsi-fungsi (biasanya disebut kumpulan library) dari awal, programmer tinggal memanggil kumpulan library atau fungsi yang sudah ada didalam framerwork, tentunya cara menggunakan fungsi-fungsi itu sudah ditentukan oleh framework. Beberapa contoh fungsi-fungsi standar yang telah tersedia dalam suatu framework adalah fungsi paging, enkripsi, email, SEO, session, security, kalender, bahasa, manipulasi gambar, grafik, tabel bergaya zebra, validasi, upload, captcha, proteksi terhadap XSS(XSS filtering), template, kompresi, XML dan lain-lain.

Saat ini banyak sekali framework berbasis PHP, diantaranya yang paling populer adalah Zend Framework, Symphony, Prado, CakePHP, CodeIgniter dan lain-lain.

Menurut beberapa reset, CodeIgniter adalah framework yang paling mudah dipelajari, karena keserhanaan strukturnya dan kelengkapan dokumentasinya yang baik. Selain itu, kerapian kode (clean and healthy code) dan ukurannya yang ramping membuatnya lebih cepat diakses dibandingkan dengan framework lainya.

Sedikit informasi banyak (bahkan mungkin semua) framework menggunakan konsep yang sama dalam membangun suatu aplikasi, yaitu konsep MVC (Model View Controller). Kesimpulannya, kalau kita memahami MVC, maka secara garis besar kita sudah menguasai framework, apapun jenis frameworknya. Dan satu lagi kuncinya, pemahaman terhadap OOP (Object Oriented Programming) akan sangat membantu dalam menguasai framework.

okeh kawan gimana lumayan mnegerti kan apa itu Framework Web dan semoga setelah kawan kawan membaca artikel tadi kawan -kawan bisa mengerti apa yang dimaksud framewrok Web itu?. okehh kawan terimakasih udah mau mampir, baik gan cukup sekian dulu, oh iya jangan lupa mampir lagi yah untuk ilmu - ilmu lainnya oke kawan :-D


0 Response to "Framework Web"

Catat Ulasan

good