Latest Updates

Cara Merubah Koneksi Internet Ponsel Smartfren menjadi GSM


Hallo Brother gimana kabarnya? semoga sehat yah. Oh yah bagi anda para pengguna Smartfren Android pasti kalian pernah mengalami kendala untuk mengganti koneksi internet yang tadinya CDMA menjadi GSM. Pada awalnya untuk menikmati layanan internet di Smartfren Andromax ini kita harus memakai kartu Smartfren CDMA Saja. Maka dari itu saya akan berbagi tentang Cara Merubah Koneksi Smartfren Andromax Dari CDMA ke GSM. Tutorial Cara Merubah Koneksi Smartfren Andromax Dari CDMA ke GSM ini pada dasarnya hanya melakukan disable/ menonaktifkan proses service Pada kartu CDMA, sehingga apabila perangkat data diaktifkan, maka yang akan aktif adalah kartu GSM nya. Namun hanya akan mendapatkan sinyal EDGE dan tidak bisa HSDPA (3G). Tapi setelah saya mencoba nya internetan dengan GSM di Andromax i2 milik saya sendiri ini sudah bekerja dan juga lumayan cepat, dan untuk melakukan ini tidaklah begitu sulit, kita juga tidak perlu repot-repot melakukan akses root pada ponsel kita.

Berikut ini adalah Cara Merubah Koneksi Smartfren Andromax Dari CDMA ke GSM. Sebelumnya, pastikan Andromax anda sudah diatur untuk menggunakan Bahasa Inggris agar cara ini dapat diikuti dengan mudah (hanya opsional). Baiklah tidak usah berlama-lama lagi langsung saja anda simak ulasan berikut ini:

  • Pertama Unduh aplikasi Any Cut Download Disini
  • Setelah selesai di unduh, install any Cut kemudian jalankan Any Cut. Maka akan muncul "new shortcut". Pilih "Activity" kemudian pilih "Select subscriptions", lalu beri nama terserah yang anda inginkan (disini saya memberi namanya My GSM), setelah itu pilih "Oke".
Cara Menggunakan Internet Dengan GSM di Semua Andromax
  • Selanjutnya jika shortcut My GSM Sudah muncul dimenu, maka anda ulangi seperti pada langkah diatas untuk membuat Shortcut APN, caranya buka Any Cut pilih "Activity" lalu pilih "APN" kemudian beri nama lalu Oke.
Cara Menggunakan Internet Dengan GSM di Semua Andromax
  • Jika kedua shortcut tersebut telah dibuat, lalu masuk ke shortcut "My GSMdan Centang pada "SIM Card 2", dan hilangkan centang pada "RUIM Card 1", lalu klik "Oke".
Cara Menggunakan Internet Dengan GSM di Semua Andromax
  • Jika Berhasil maka ada pemberitahuan "Set Subscription Succes". Selanjutnya Buka Sortcut APN dan anda Checklist provider tersebut dan pastikan Proxy dan Portnya kosong (tidak disetel).
Cara Menggunakan Internet Dengan GSM di Semua Andromax
  • Untuk Melihat keberhasilannya anda bisa lihat pada Sinyal RUIM CDMA jika sinyal tersebut hilang maka sudah berhasil mengubah koneksi internet Hp anda ke GSM, dan untuk diperhatikan sebelum anda mencoba mengetes internet nya anda lakukan refresh pada jaringan / DATA caranya hilangkan koneksi DATA dan hidupkan kembali koneksi DATA tersebut.
Cara Menggunakan Internet Dengan GSM di Semua Andromax
  • Selanjutnya anda sudah bisa mencobanya, untuk melakukan percobaan anda bisa buka URL apa saja misalnya google Karena sinyal Smartfren hilang, maka akan muncul sinyal GPRS dari GSM anda. dengan begitu jaringan internet pada Smartfren Andromax sudah dapat diakses dengan GSM.

  • Untuk mengembalikan sinyal default CDMA Smartfren yang hilang dan melakukan internet kembali dengan CDMA mudah saja, anda masuk pada sortcut "My GSM" selanjutnya tinggal anda Cheklist lagi bagian "RUIM Card 1" dan refresh kembali jaringan DATA nya.
Sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.


Sumber. warcu

2 Responses to "Cara Merubah Koneksi Internet Ponsel Smartfren menjadi GSM"

good